Kegiatan MBKM Program Studi Asuransi Syariah

Panduan Umum untuk Mengikuti Kegiatan Terkait Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

  1. Mahasiswa diwajibkan untuk mendapatkan surat izin/rekomendasi dari  Program Studi Asuransi Syariah atau Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).
  2. Untuk beban SKS pada semester berjalan, aturan merujuk pada kurikulum program studi Asuransi Syariah.
  3. Surat izin/rekomendasi yang dimaksud pada poin 1 merupakan SYARAT PERLU untuk proses konversi.
  4. Dimungkinkan bahwa mahasiswa diminta untuk menginput sejumlah SKS tertentu pada KRS terkait kegiatan yang diikuti.

Prosedur Pengajuan Permohonan Surat Rekomendasi/Izin untuk Pihak Eksternal

  1. Mahasiswa melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing akademik (DPA).
  2. Setelah mendapat persetujuan dari DPA, mahasiswa mengajukan Surat Permohonan Rekomendasi/Izin untuk Eksternal.  Surat diserahkan ke Akademik Program Studi Asuransi Syariah untuk mendapat persetujuan Ketua Program Program Studi Asuransi Syariah. Mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Tugas Akhir Surat Persetujuan Dosen Pembimbing Tugas Akhir. 
  3. Selanjutnya, surat yang telah ditandatangani oleh Ketua Program Program Studi Asuransi Syariah diserahkan ke Akademik Program Studi Asuransi Syariah.
  4. Selanjutnya, surat diserahkan ke bagian tata usaha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam akan mengeluarkan surat rekomendasi/izin yang dimohon oleh mahasiswa.
  5. Pada kasus-kasus tertentu, proses permohonan ke Fakultas Ekonomi  dan Bisnis Islam (FEBI) dilakukan oleh Program Studi Asuransi Syariah.

Prosedur Pengajuan Permohonan Surat Izin untuk Internal

  1. Mahasiswa melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing akademik (DPA).
  2. Setelah mendapat persetujuan dari DPA, mahasiswa mengisi Surat Permohonan Izin untuk Internal. Surat diserahkan ke Akademik Program Studi Asuransi Syariah. Mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Tugas Akhir, wajib melampirkan surat persetujuan dosen pembimbing tugas akhir.

Prosedur Pengajuan Konversi Nilai Kegiatan Terkait Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

  1. Pengajuan konversi nilai dilakukan pada waktu yang ditentukan oleh Program Studi Asuransi Syariah dengan memperhatikan kalender akademik.
  2. Mahasiswa mengisi Surat Pengajuan Konversi Nilai dengan persetujuan dosen pembimbing akademik. Jumlah SKS yang telah disertakan pada KRS wajib diikutkan dalam perkiraan jumlah SKS yang disetarakan.
  3. Mahasiswa menyerahkan form yang telah diisi ke Akademik Program Studi Asuransi Syariah dengan melampirkan semua data pendukung, termasuk salah satunya adalah Surat Izin/Rekomendasi dari Program Studi Asuransi Syariah atau Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)
  4. Program Studi Asuransi Syariah mengambil keputusan terkait konversi nilai dan jumlah SKS dengan memperhatikan data yang disertakan oleh mahasiswa.
  5. Program Studi Asuransi Syariah mengirimkan permohonan ke Fakultas Ekonomi Bisnis Islam untuk proses konversi dan penginputan data.
  6. Perlu diperhatikan bahwa tidak ada jaminan jumlah SKS yang mendapatkan konversi nilai sama dengan jumlah SKS yang diajukan untuk mendapatkan konversi nilai.