Sejarah Prodi Perbankan Syariah

Berdirinya Program Studi Perbankan Syariah di UIN Sultan Maulana Hasanuddin  Banten tidak dapat dipisahkan dari sejarah panjang dinamika civitas akademika dengan  masyarakat Banten. Seperti telah menjadi maklum, bahwa UIN Sultan Maulana  Hasanuddin Banten berasal dari Fakultas Syariah Maulana Yusuf yang didirikan oleh  masyarakat Banten bersama Korem 064 Maulana Yusuf. Korem 064 Maulana Yusuf  kemudian melaksanakan Operasi Bhakti Korem 064 yang melaksanakan pembangunan  di wilayah Banten yang kemudian berniat mendirikan Universitas Maulana Yusuf. K.H.  Ali Misri sebagai seorang ulama dan sesepuh masyarakat Banten diminta untuk  melakukan survey pengayaan informasi ke IAIN Yogyakarta ketika itu. Sebagai embrio  berdirinya Universitas Maulana Yusuf diputuskan terlebih dahulu mendirikan Fakultas  Syariah yang diberi nama Fakultas Syariah Islam Maulana Yusuf. 

Dengan dikeluarkannya Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2000  tentang Pembentukan Provinsi Banten, maka STAIN SMHB Serang mengikuti perubahan status daerah otonom dengan perubahan status kelembagaan, yaitu berubah menjadi  IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Pada tanggal 25 Oktober 2004  diselenggarakan kegiatan Seminar dan Workshop Konstruksi Kurikulum Menyongsong  Pengembangan Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah pada Sekolah Tinggi Agama  Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Serang.

Kegiatan ini memberikan  penegasan tentang keinginan terjadinya alih status menjadi IAIN Sultan Maulana  Hasanuddin Banten yang tercapai pada tahun 2005. Seminar dan workshop itu  terselenggara melalui pendanaan Blockgrant Linkage Departemen Agama RI, Jakarta.  Penggunaan dana Blockgrant Linkage yang dialokasikan pada kegiatan tersebut  merupakan inisiatif strategis bagi pengembangan dan kemajuan lembaga pendidikan  ini, yang diprakarsai oleh: Prof. Dr. H.M.A. Tihami, M.A., M.M. sebagai Ketua STAIN  Serang; Drs. H.A. Wardi Muslich sebagai Ketua Jurusan Syariah; serta didukung oleh  komitmen dan kemampuan manajerial: Dr. B. Syafuri, M.Hum., Rustamunadi, S.H., M.H.,  dan Nurhidayah, S.Ag., M,A. sebagai Ketua, Sekretaris, dan Bendahara dalam kepanitiaan  kegiatan tersebut berdasarkan SK Ketua Jurusan Syariah Nomor  ST.29/PP.00.9/0266/2004 tanggal 15 Oktober 2004. Dan, hasil dari kegiatan Seminar  dan Workshop itu, kemudian menjadi rujukan bagi perlunya kegiatan lanjutan. 

Berdasarkan rekomendasi dari kegiatan benchmarking ke beberapa perguruan  tinggi yang telah membuka Program Studi Perbankan Syariah, di samping juga telah dibukanya Program Studi/Jurusan Ekonomi Islam yang dikokohkan dengan  nomenklatur pada Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN SMH Banten pada tahun  2005, maka dibentuklah Tim Penyusun Proposal Pembukaan Perbankan Syariah pada  Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Akhirnya, Program Studi/Jurusan Perbankan Syariah untuk Jenjang Strata Satu (S1) pada Fakultas  Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten mendapatkan izin  operasional untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran, penelitian, dan  pengabdian pada masyarakat, yaitu dengan diterbitkannya Surat Keputusan Direktur  Jenderal Direktur Pendidikan Islam Nomor Dj.I/1465/2014 tanggal 13 Maret 2014 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri  Tahun 2014. Hal ini ditindaklanjuti dengan penerimaan mahasiswa baru, angkatan  pertama di Bulan Agustus 2014, pada tahun akademik 2014/2015.